Sunday, April 28, 2013

Permainan Berkelompok (2)


                Dalam postingan ini saya bermaksud melanjutkan apa yang saya tulis sebelumnya mengenai permainan berkelompok. Apabila dalam postingan sebelumnya permainan kelompok yang saya tulis relatif simpel maka pada tulisan ini saya akan mencoba berbagi permainan kelompok yang lebih kompleks baik dari bahan maupun permainannya. Selalmat menikmati!
  • Tarik tambang

o   Alat                        : tambang, piala/lonceng
o   Permainan          : tarik tambang yang saya maksud disini berbeda dengan tarik tambang biasa. Bila pada permainan tarik tambang biasa mempertandingkan 2 kelompok maka dalam permainan tarik tambang ini bisa mempertandingkan 3 kelompok sekaligus. Caranya adalah dengan menambah tambang pada tengah2 tambang utama. Cara menentukan pemenangnya pun sedikit berbeda dengan tarik tambang biasa. Walaupun sama sama menarik tambang, tapi pada permainan ini peserta / anggota kelompok yang paling belakang harus mengambil piala yang diletakkan di belakang kelompok. Kelompok yang lebih dulu mengambil piala / membonyikan lonceng yang menang.


  • Perang air

o   Alat                        : plastik, kertas, tali, ember
o   Permainan          : pada permainan ini setiap anggota kelompok harus menyisakan 2 anggota kelompoknya untnuk berada pada pos masing2 kelompok untuk mengisi air dari ember ke dalam plastik kecil. Anggota kelompok lainnya saling berpasangan, tiap pasangan harus saling menggendong, orang yang menggendong dipasangkan kertas di dadanya dengan menggunakan tali, sedangkan orang yang digendong harus menyerang kertas kelompok lawan. Bila kertas kelompok lawan basah maka tidak boleh melanjutkan permainan, dan seterusnya sampai ada kelompok yang basah seluruhnya.
  •  Pipa bolong

o   Alat                        : pipa besar yang pada salah satu ujungnya ditutup, dan pada sisinya di bolong-bolong(jumlah lubang 2 kali jumlah anggota kelompok)
o   Permainan          : permainan ini sebenarnya cukup sederhana, hanya saja alat yang digunakan sedikit membutuhkan perjuangan untuk membuatnya. Dalam permainan ini setiap kelompok diberi pipa yang sudah dibolong, lalu pipa tersebut diisi air hingga penuh. Setiap kelompok harus membawa pipa tersebut sampai garis finish dan menuangkan air yang masih ada di pipa, kelompok dengan jumlah air terbanyak sampai di garis finish yang menang.
  • Jaring laba-laba

o   Alat                        : tali, 2 tongkat yang ditanam atau bisa menggunakan batang pohon
o   Permainan          : tongkat ditanam dengan jarak kurang lebih 1,5 sampai 2 meter. Lalu tali diikatkan pada tongkat, sehingga membentuk seperti jaring laba-laba. Akan lebih baik bila jaring dibuat random/acak. Setiap anggota kelompok harus bisa melewati jaring dengan bantuan teman kelompoknya. Permainan ini cocok digunakan dalam acara outbond.

0 comments:

Post a Comment